Breaking News
Home ~ Berita LDII ~ Bupati Banyuwangi Buka Camping CAI 2017 di Rowo Bayu
Bupati Banyuwangi Buka Camping CAI 2017 di Rowo Bayu

Bupati Banyuwangi Buka Camping CAI 2017 di Rowo Bayu

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas membuka Camping Cinta Alam Indonesia (CAI) di Bumi Perkemahan Wana Wisata Rowo Bayu, Kecamatan Songgon. Kegiatan yang diselenggarakan DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII)  Kabupaten Banyuwangi itu berlangsung sejak Kamis (13/7) hingga Sabtu lalu (15/7). Sebanyak 516 peserta antusias mengikuti perkemahan selama tiga hari tersebut.

Kehadiran Bupati Anas disambut dengan gegap gempita suara tepuk tangan khas Pramuka. Selanjutnya, bupati didaulat menyematkan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta. Kehadiran bupati itu menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi peserta perkemahan.  Sebenarnya bupati punya agenda acara penting di Bandung. Namun, hari itu bupati justru memilih pulang ke Banyuwangi untuk memberikan pengarahan kepada generasi penerus LDII Banyuwangi.

brt365039758

“Saya lebih memilih mendatangi acara ini, karena saya tahu anak-anak membutuhkan perhatian langsung dari saya,” tegas bupati dalam sambutan pengarahannya.

Ditambahkan, anak-anak adalah pemegang estafet negeri ini, sehingga mereka butuh perhatian. Bukan hanya dituntut untuk maju. “Tetapi harus diperhatikan,” ujarnya.

Bupati berharap, CAI menjadi wadah problem solver bagi para remaja. Sebab, CAI merupakan kegiatan yang mengkolaborasikan ketrampilan dunia dengan pendekatan kepada Allah. “Jika ingin sukses, maka caranya adalah dengan berusaha, bersedekah, dan berdoa,” pesan Anas kepada peserta CAI.

Dalam kesempatan itu, Anas bercerita, kisah teman semasa kuliahnya di Universitas Indonesia (UI).  Dia menceritakan, teman kuliahnya itu merupakan anak dari keluarga miskin, ibunya hanya penjual jemblem (makanan dari ubi jalar yang ada gula aren di tengahnya), sedangkan ayahnya hanya seorang pencari rumput.

“Tapi teman saya ini berhasil masuk Informatika UI. Informatika itu yang daftar ribuan tapi yang diterima hanya 30 orang. Ini merupakan inspirasi,” kata Anas.  Anas menceritakan, temannya itu kini bekerja di perusahaan Singapura, dengan gaji Rp 60 juta perbulan.

Menurut Anas, salah satu yang membuat sukses temannya itu adalah doa dan restu orangtua. Anas menceritakan, ibu dari temannya itu, tiap hari setiap hendak menjual jemblem selalu menyisakan lima hingga 10 jemblem untuk dibagi-bagikan pada tetangga miskin, dan anak yatim piatu.

Padahal mereka hidup kekurangan, namun masih mau berbagi sesuai dengan kemampuannya. Ibunya juga selalu mendoakan anaknya agar sukses, dan nasibnya tidak seperti orangtuanya.

“Jangan lupa sedekah. Cerita di atas tadi, tentang sifat ibu dari teman saya itu sudah menunjukkan manfaatnya sedekah,” kata Anas.

Dari cerita itu, menurut Anas, untuk sukses selain usaha dan doa, yang terpenting juga adalah doa dari orangtua. Anas meminta pada anak-anak agar selalu minta doa restu pada orangtua.

Anas juga berbagi kiat tentang bagaimana mencapai kesuksesan. Menurut, Anas, gunakanlah kesempatan yang kalian miliki sebaik mungkin.

“Karena momentum belum tentu berulang dua kali. Untuk menjadi orang sukses itu, pertama, tumbuhkan terus motivasi dari dalam diri kita sendiri. Kedua, tanamkan dalam diri kita untuk selalu bersemangat. Ketiga, pilihlah lingkungan pergaulan yang baik dan bacalah biografi  orang-orang sukses. Keempat, belajarlah yang tekun karena takdir itu datang setelah kita berikhtiar,” ujar Anas.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Kabupaten Banyuwangi, Drs. H. Astro Junaidi memberikan apresiasi kepada seluruh peserta dan panitia perkemahan. Dia berpesan, agar generasi muda LDII memiliki jiwa yang agamis dan mendukung penuh terwujudnya NKRI dan pangamalan Pancasila. “Generasi muda LDII harus lebih bersungguh-sungguh menjalankan agama, bukan hanya pandai dalam urusan dunia,” cetusnya.

Perkemahan LDII itu, lanjut Astro, semata-mata sebagai ajang mendidik generasi penerus menjadi pribadi mandiri dan lebih mengenal Allah SWT. “Peserta juga diberi pembekalan kepribadian  yang mengarah kepada pribadi yang jujur, berjiwa bela negara, dan anti narkoba,” pungkasnya.

About Ldii Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG