Breaking News
Home ~ Berita LDII ~ Ketua umum DPP LDII Hadiri Pengukuhan Guru Besar Ekonomi Syariah KH Maruf Amin
Ketua umum DPP LDII Hadiri Pengukuhan Guru Besar Ekonomi Syariah KH Maruf Amin

Ketua umum DPP LDII Hadiri Pengukuhan Guru Besar Ekonomi Syariah KH Maruf Amin

Ketua umum DPP LDIIĀ  Prof DR Ir KH. Abdullah Syam, MSc di dampingi Ketua DPP LDII H.Supriasto,SH,MM, Ketua DPW LDII Prov Jatim Drs Ec.H.M Amien Adhy, Ketua DPD LDII Kab Malang Drs.H.Abdulloh Wakit,
Ketua DPD LDII Kota Malang, Drs.H.Heri Susanto serta Ketua DPD LDII Kota Batu Sugeng Mustofa, SPd menghadiri pengukuhan guru besar ekonomi syariah KH Maruf Amin sebagai guru besar di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Rabu (24/5/2017).

IMG-20170526-WA0025

KH Ma’ruf Amin dikukuhkan menjadi guru besar bidang ilmu ekonomi muamalat syariah di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, yang mana Presiden Jokowi menjadi saksi prosesi ini.

Tidak ada agenda sambutan atau pengarahan oleh Jokowi. Setelah prosesi pengukuhan selesai, Jokowi memberikan selamat, berfoto bersama dan langsung meninggalkan tempat acara.

Ma’ruf Amin yang juga merupakan Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan orasi ilmiahnya yang bertajuk ‘Solusi Hukum Islam (Makharij Fiqhiyyah) Sebagai Pendorong Arus Baru Ekonomi Syariah di Indonesia’.

Dia memaparkan kontribusi fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dalam peraturan perundang-undangan RI. DSN-MUI turut berkontribusi terhadap Peraturan Bank Indonesia.

2003, MUI memfatwa haram bunga bank karena fiba. Efeknya, muncul bagian khusus di lembaga regulater yang menangani masalah syariah, baik di Bank Indonesia maupun di level Kementerian Keuangan.

IMG-20170524-WA0128

Fatwa itu juga berpengaruh terhadap berkembangnya industri keuangan dan bisnis syariah. Pada 1990 hingga 1998, baru ada satu bank syariah. Namun setelah 2002 lahir lima bank syariah. Setelah fatwa haram bunga bank pada 2003, semakin banyak lagi muncul bank syariah, termasuk di sektor non-bank pula ikut semarak.

“Hal ini semakin menunjukkan ada hubungan yang kuat sekali antara fatwa yang dikeluarkan oleh DSN-MUI dengan terbentuknya perundang-undangan dan dinamika tumbuh kembang sektor ekonomi syariah di Indonesia,” ujar Ma’ruf dari mimbar.

Presiden Jokowi pernah mengemukakan rencananya menjadikan Jakarta sebagai pusat keuangan syariah internasional. Ma’ruf menilai pemerintah telah mulai menunjukkan kebijakan yang jelas terkait pengembangan ekonomi syariah.

“Presiden juga telah mencanangkan Jakarta sebagai Pusat Keuangan Syariah Dunia. Tentu saja hal-hal terkait dengan pencapaian pencanangan tersebut, baik terkait dengan peraturan ataupun kebijakan lainnya, saat ini sedang dilakukan pembenahan-pembenahan. Bukan hanya sektor keuangan syariah saja yang dilakukan pembenahan, tapi juga sektor bisnis dan wisata syariah,” tutur Ma’ruf.

About Ldii Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG