Breaking News
Home ~ Berita LDII Malang ~ Personal Branding, Mempersiapkan Pemuda LDII Menghadapi Tantangan Zaman
Personal Branding, Mempersiapkan Pemuda LDII Menghadapi Tantangan Zaman

Personal Branding, Mempersiapkan Pemuda LDII Menghadapi Tantangan Zaman

Kunjungan Hj. Aselina Endang Triastuti, MBA selaku ketua DPP LDII Bidang Pemberdayaan Perempuan Kesejahteraan Keluarga (PPKK) ke kota Malang kali ini membawakan materi yang sangat mutakhir dan diperlukan oleh para pemuda LDII maupun pemuda bangsa Indonesia pada umumnya, yakni mengenai Personal Branding. Materi ini disampaikan dalam forum pengajian di Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Malang Raya di Aula Baitul Jannah, Selasa (1/8) malam.

IMG-20170802-WA0048

Kegiatan diawali sambutan oleh ketua DPD LDII Kota Malang, Drs. H. Heri Susanto, dilanjutkan penyampaian materi dari Hj. Aselina dan diakhiri dengan sesi tanya-jawab bersama para mahasiswa yang juga santri PPM Malang Raya.

Kemajuan teknologi menuntut masyarakat untuk mampu bersaing. Keahlian dan kapabilitas individu menjadi poin penting dalam mempertahankan diri melawan arus perubahan era global ini. Pengaruh negatif teknologi mengikis nilai-nilai luhur bangsa yang seharusnya tetap dilestarikan, terutama tampak di kalangan pemuda. Banyak pemuda tak lagi hormat dengan yang lebih tua, memiliki gaya hidup hedonis dan individualis, serta mengekspresikan diri dengan cara-cara yang tidak benar. Permasalahan tersebut menjadi sebuah keprihatinan yang besar bagi para pemimpin bangsa, sebab pemuda adalah bakal tonggak setiap negara.

Bu Triastuti mencoba membuka wawasan para pemuda LDII yang hadir dalam acara tersebut dengan mengungkapkan bahwa diperlukan kualitas diri yang tinggi untuk menjadi pemuda unggul yang tidak terlindas dengan pengaruh negatif dari masa transisi peradaban ini.

“Pemuda zaman sekarang harus kreatif, inovatif, berjiwa enterpreneur dan yang paling penting ialah profesional-religius,” tegas Hj. Aselina.

IMG-20170802-WA0052

Bila pemuda hanya biasa-biasa saja, tidak mau berusaha berprestasi, maka pemuda itu tidak akan bisa bertahan dengan kemajuan zaman. Sebab tuntutan kualitas SDM di masa mendatang akan semakin berat dan diperlukan pemuda-pemuda yang unggul,” tuturnya penuh semangat pada santriwan-santriwati PPM Malang Raya malam itu.

Salah satu yang diperlukan agar bisa menjadi diri yang efektif dan produktif ialah dengan Personal Branding atau pembentukan jati diri. Personal Branding ialah menampilkan identitas diri yang mudah dikenal dan diingat di dalam hati dan pikiran orang lain, melalui pemberian pengalaman dan persepsi mengenai seperti apa dirinya. Agar mudah diingat oleh orang lain, seseorang bisa membuat suatu produk, jasa atau prestasi dan ditunjang dengan karakter yang santun, cerdas dan bertanggung jawab. Kemampuan dalam berkomunikasi, membangun jejaring dan strategi penempatan juga perlu ditingkatkan.

“Komunikasi efektif yang menarik dan berbobot ialah dengan memiliki perencanaan sebelumnya. Harus dipikirkan, pesan apa yang perlu disampaikan, apa intinya, serta didukung dengan fakta terkini dan referensi yang luas,” jelas ibu dua anak yang juga merupakan dosen di Universitas Indonesia dan Trisakti ini.

Pemuda LDII sudah harus memikirkan bagaimana berkontribusi pada bangsa dan negara dengan segala potensi yang dimilikinya. Religiusitas dan kepahaman agama menjadi nilai tambah bagi pemuda LDII namun keunggulan di bidang-bidang seperti ekonomi, pendidikan, dan teknologi juga telah menjadi kebutuhan yang perlu terus ditingkatkan. Memiliki karakter dan tabiat luhur yang dibangun sejak dini, ditunjang keahlian di bidang – bidang tersebut, maka generasi bangsa akan menjadi kuat dan mampu memperjuangkan kesejahteraan negeri tercinta ini.

“Sudah saatnya pemuda LDII menonjolkan diri dengan prestasi-prestasi yang diakui dunia. Generasi muda ialah baby boomer yang di masa depan akan menjadi pemimpin yang siap membangun bangsa menjadi lebih sejahtera,” kata Bu Triastuti.

Article by : Nurdina Lafi Qonita

About Ldii Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG